Kolesterol dan Penyebabnya

Sekian lama mencari kolesterol tinggi yang alami, ampuh dan tanpa efek samping berbahaya bagi tubuh, namun tidak menemukannya? Anda sedang berada pada situs yang tepat untuk menemukan jawaban bagi kesembuhan penyakit kolesterol tinggi yang anda derita. Sebelum membahas lebih jauh tentang obat kolesterol herbal yang dimaksud, ada baiknya Anda membaca penjelasan singkat mengenai penyakit kolesterol.
Apa itu Kolesterol Tinggi
Kebanyakan orang akan mebayangkan sesuatu yang negatif ketika mendegar kata kolesterol. Padahal sebenarnya kolesterol juga dibutuhkan oleh manusia yakni untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Namun kolesterol tetap tidak boleh berlebihan jumlahnya di dalam tubuh karena dapat memacu penyakit lain seperti darah tinggi, jantung, stroke, batu empedu, dll.
Penyebab Kolesterol Tinggi
Seperti sampah yang menyumbat dalam pipa air sehingga membuat air mampet tidak keluar, penumpukan kolesterol akan menyempitkan pembuluh darah dan membuat darah sulit mengalir melalui pembuluh darah.  Hal ini mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh Anda, termasuk jantung. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius, termasuk serangan jantung dan stroke.
Nilai normal kadar kolesterol di dalam tubuh adalah <200mg/dl untuk kolesterol total, <100mg/dl untuk kadar LDL ( jenis yang dapat menyumbat arteri Anda jika berlebihan ) , dan >50mg/dl untuk kadar HDL ( jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah Anda ). Anda harus menjaga HDL Anda tetap tinggi, karena berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.
Jika kadar kolesterol tidak sesuai dengan batas normal, inilah yang sering disebut dengan penyakit kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi tidak membuat Anda merasa sakit. Pada saat Anda tahu bahwa kadar kolesterol Anda tingi, saat itu mungkin kolesterol sudah membuat arteri Anda sempit.

Apa yang menyebabkan kolesterol tinggi? Penyebab kolesterol tinggi bisa bermacam-macam, yang paling penting untuk diperhatikan terutama dari faktor makanan. Untuk Anda yang telah berusia di atas 50 tahun ada baiknya menjaga pola makanan yang sehat dan berimbang dengan menhindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol.

Berikut ini daftar makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol:
  • Daging kambing, sapi, ikan laut
  • Seafood ( cumi, cumi, keptiting, udang, kerang, siput dll)
  • Semua makanan bersantan
  • Jeroan dan kulit sapi dan kambing
  • Keju, susu sapi, mentega, cokelat
  • Kuning telur, telur burung puyuh
Selain faktor makanan ada hal lain yang berperan sebagai penyebab kolesterol yakni:
  • Kelebihan berat badan
  • Kurang aktivitas fisik
  • Faktor usia, kolesterol meningkat setelah usia 20 tahun
  • Riwayat keluarga dengan kolesterl tinggi
  • Penyakit lain seperti hipotiroid juga dapat meningkatkan kadar kolesterol
Bagaimana kolesterol tinggi didiagnosis ?
Anda perlu tes darah untuk memeriksa kolesterol Anda. Ada beberapa jenis tes, yakni:
  • Sebuah tes kolesterol puasa adalah tes yang paling lengkap karena mengukur semua lemak dalam darah Anda, termasuk LDL dan kolesterol HDL dan trigliserida.
  • Sebuah tes LDL langsung mengukur tingkat LDL Anda saja.
  • Sebuah tes kolesterol sederhana dapat mengukur kolesterol total dan HDL.
Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda memerlukan pengobatan untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Dua hal yang paling esensial adalah perubahan gaya hidup dan mengunakan obat kolesterol terbaik.
Gejala Kolesterol Tinggi
Setiap penyakit pastinya akan menimbulkan gejala-gejala yang merupakan respon tubuh terhadap penyakit, sehingga manusia bisa bersiap untuk mengatasi penyakit tersebut. Namun untuk penyakit kolesterol tidak menunjukan gejala yang sangat jelas. Gejala yang umum terjadi hanya berupa sakit kepala dan pegal-pegal pada leher bagian belakang. Sehinga sering kali orang tidak menanggapi gejala ini, karena dianggap seperti sakit biasa saja. Untuk itu alangkah lebih baik jika sering mengalami sakit kepala dan pegal di leher agar memeriksakan kadar kolesterolnya, apalagi untuk Anda yang sudah berumur.

Cv. Indotelecom.

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Anthon Template | Anthon Template
Copyright © 2011. Info Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Anthon Template
Proudly powered by Alexa